Kamis, 28 Agustus 2008

GANGREN

Gangren adalah kematian bagian jaringan tubuh. Gangren biasanya disebabkan oleh suplai darah tidak adekuat, tetapi kadang kala disebabkan oleh cedera langsung (gangren traumatik) atau infeksi (gas gangren – lihat di bawah). Suplai darah yang buruk dapat disebabkan oleh:
• Penekanan pada pembuluh darah (misalnya, turniket, balutan yang terlalu ketat, dan pembengkakan ekstremitas);
• Obstruksi di dalam pembuluh darah yang sehat (misalnya, emboli arteri, kerusakan jaringan akibat suhu rendah, jika kapiler menjadi tersumbat);
• Spasme dinding pembuluh darah (misalnya toksisitas ergot);
• Trombosis yang disebabkan oleh penyakit dinding pembuluh darah (misalnya, arteriosklerosis pada arteri, flebitis pada vena).
Gangren kering terjadi jika aliran darah dari area yang terkena menjadi hitam dan emasiasi. Gangren lembap terjadi jika aliran vena tidak adekuat sehingga jaringan mengalami pembengkakan akibat cairan.

GAS GANGREN
Gas gangren merupakan infeksi kulit serius yang disebabkan oleh organisme anaerob genus Clostridium, terutama C. perfringens (welchii), satu mikroba tanah yang sering kali terdapat di usus manusia dan binatang.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

wua...
thx ya ntuq info tentang gangren_a...
tugas k jd selesai dewh!
tp,.. qlw bisa diperluas giy info_a...
btw, "adekuat" maksudnya pa?

cwit mengatakan...

thanx buat info
kalo ga salah eksudat itu artinya memadai atau cukup... he,,,

admin mengatakan...

Salam Kenal
Kalau bisa dikasih gambarnya mas.
Blog yang Keren Pengen lihat lebih banyak tentang Asuhan Kebidanan, Keperawatan dan Materi serta Tips Kesehatan lebih dari 5000 database, silahkan KLIK (copy paste) link berikut:
http://askep-askeb-kita.blogspot.com/

nurul kumala sari mengatakan...

Mau belajar Lbh dalem tentang Luka Diabetik..,, Q puNya beberapa Pasien yg Ganggren, n Q merawatnya d Rumah, AwaLnya Ga PD tp aLhamduLiLlah dgn SeringNya Q bka Info2 tnTng Ganggren Ini, 2 Pasien Q Bsa semBuh,,, kaLo bisa Ksh Info tntang Trik aTau Obat2 Pa ja Yg bsa mmpercepat PenyembuHan Luka Ganggren dunk... Bis Kasian kLo Pasien2 Harus MmpergunaKan Jasa Perawatan yg Lama... thanx Befor...

Anonim mengatakan...

Dear All,

Ada satu produk yang bagus untuk luka diabetes,decubitus,luka bakar,selulitis dan luka2 yang berindikasi infeksi yaitu ialuset plus cream yang isinya asam hyaluronat (HA) dan silversulfadiazine (SSD), HA = untuk pertumbuhan jaringan sel baru bersifat moist,SSD = berfungsi membunuh segala jenis bakteri dalam spektrum luas.ini adalah salah satu option penyembuhan yang ditawarkan dengan modern dressing/wound healing.

Terimakasih.

Anom BayuAji